Perangkat Unbk Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan Unbk !

12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK ! - Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) merupakan wujud perkembangan teknologi dari Ujian Nasional yang dulunya memakai kertas dan pensil. Sistem kertas pensil tersebut diganti dengan memakai sentuhan Teknologi Modern yaitu Sistem CAT sehingga Ujian Nasional sekarang menjadi UNBK.
 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK  Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK !

Tentunya UNBK tidak lepas dari perangkat - perangkat elektronik penunjang suksesnya UNBK menyerupai Komputer/Laptop, Komponen jaringan Internet dan Perangkat lainya. Seperti yang kita ketahui umumnya perangkat elektronik kalau jarang digunakan gampang mengalami kerusakan alasannya ialah suhu udara yang basah dan debu - debu sanggup mejadi faktor penyebab kerusakan.

Apalagi kalau suatu sekolah memiliki perangkat UNBK banyak dan pengelolaan lab komputer kurang baik niscaya banyak komputer/laptop nganggur dan jarang dipakai. Apabila didiamkan selama 1 tahun sejak UNBK tahun kemudian hingga UNBK tahun ini kemungkinan ada beberapa perangkat yang tidak bekerja normal bahkan rusak. Bisa juga perangkat rusak alasannya ialah dimakan usia.

Sedangkan pelaksanaan UNBK harus benar - benar lancar tidak ada hambatan teknis. Karena Ujian Nasional merupakan hal yang sangat krusial dan juga tes terakahir dalam meyelesaikan jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMAK dan MA. Maka kondisi perangkat UNBK dipastikan dalam kondisi prima.

Agar mencegah terjadinya suatu duduk kasus ketika pelaksanaan UNBK maka proktor dan teknisi Wajib mengecek seluruh perangkat UNBK dari mulai hal terkecil hingga besar. Sehingga sanggup terdeteksi kondisi mana perangkat yang normal dan mana yang bermasalah. Jika ditemukan duduk kasus segara perbaiki atau membeli perangkat baru.

12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK 


Kali ini Emispendis merangkum 12 Perangkat komputer berserta periperalnya yang wajib anda cek sebelum pelaksanaan Simulasi UNBK ataupun UNBK utama. Agar proses pelaksanaan UNBK komputer dalam kondisi prima.

Berikut ini 12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK :

  1. Server Utama, pastikan server utama dalam keadaan Fit (akan lebih baik kalau Fresh Instal).
  2. Server Cadangan, pastikan server cadangan tersedia dan dalam keadaan Fit (akan lebih baik kalau Fresh Instal).
  3. Jaringan Client Menggunakan LAN (Bukan WIFI), pastikan jaringan client dalam keadaan baik dan semua koneksi dari client ke server atau sebaliknya lancar
  4. Koneksi Internet, pastikan koneksi internet lancar dan baik dikala singkronisasi maupun dikala pelaksanaan, siapkan juga cadangan koneksi (modem external) kalau sewaktu - waktu ada gangguan.
  5. VHD Fresh, pastikan VHD yangg akan digunakan ialah VHD Fresh (akan lebih baik kalau dr extrak asli).
  6. HardDisk External, persiapkan External HardDisk untuk Copy VHD Singkron dan VHD Harian.
  7. FlashDisk, persiapkan Flashdisk untuk menampung Folder Dump dari fitur Transfer Respons.
  8. UPS, pastikan UPS bisa bertahan minimal 15 menit, semoga bisa dilakukan reset login dan mematikan Virtual sesuai mekanisme sehingga waktu pengerjaan siswa bs berhenti dan VHD tidak rusak.
  9. Genset, pastikan genset tersedia khusus wilayah yang rawan pemadaman listrik, (jika mampu)
  10. Pengaturan Server dan Pengaturan Sesi diweb UNBK, pastikan jumlah server utama dan server cadangan sdh sesuai dan pengaturan sesi juga direncanakan jangan hingga ada siswa yg salah sesi atau tertinggal.
  11. Literasi Proktor/Teknisi pastikan proktor/teknisi melaksanakan literasi terhadap buku manual UNK, troubleshooting UNBK dan acuan pelaksanaan UNBK
  12. Kesehatan Proktor dan Teknisi, perhatikan kesehatan masing - masing semoga dikala pelaksanaan bisa maksimal menjalankan Tugas Negara.


Catatan :

Selalu komunikasikan dg HD Kabupaten kalau ada hambatan apapun, jangan eksklusif ke HD Prov maupun Proteknas alasannya ialah nantinya akan mempersulit diri sendiri (HD Prov dan Proteknas hanya akan mendapatkan laporan dan klarifikasi dr HD Kab.)



Pengaduan duduk kasus dilakukan melalui TIKET BANTUAN pada akun web UNBK.


Nah itulah 12 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK.  Selain itu Emispendis beberapa tips semoga komputer/ laptop dan banyak sekali perangkat UNBK tidak gampang rusak.

Tips Agar Komputer / Laptop dan Perangkat UNBK Lainnya Tidak Praktis Rusak


Berikut ini tips semoga komputer / laptop dan perangkat UNBK lainnya tidak gampang rusak :
 Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK  Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK !

  1. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala
  2. Pakailah UPS/Stabilizer.
  3. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu bersahabat dengan monitor
  4. Ventilasi yang cukup
  5. Pendingin Ruangan yang cukup semoga perangkat tidak overheat
  6. Defrag harddisk anda secara berkala.
  7. Pasang kabel ground
  8. Tutup/close jadwal yang tidak perlukan
  9. Install jadwal antivirus dan updatelah secara berkala
  10. Uninstall atau buang jadwal yang tidak anda gunakan
  11. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin

Itulah Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK dan tips merawat komputer beserta perangka UNBK lainnya agr tidak gampang rusak. Pastinya menjaga dan merawat perangkat UNBK sangatlah penting alasannya ialah kalau banyak perangkat rusak maka akan mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya. 

Jika banyak laptop nganggur manfaatkan untuk melatih kemampuan siswa melalui jadwal les komputer atau ajak siswa mengasah keterampilan ihwal desai melalui Corel Drawa atau Editing Photoshop. Bisa juga anda mengajarkan Enterpreneurship kepada siswa alasannya ialah hal ini sanggup mengarahkan siswa kedalam hal yang positif.

Demikianlah pembahasan tentang Perangkat UNBK Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan UNBK dan beberapa tips merawat komputer. Semoga warta ini bermanfaat bagi anda. jangan lupa share semoga anda mendapatkan manfaat juga dikarenakan telah menyebar infomasi bermanfaat. Terima Kasih



Sumber: emissimpatikazone

Belum ada Komentar untuk "Perangkat Unbk Yang Wajib Dicek Sebelum Pelaksanaan Unbk !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel