Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi Dan Cara Menggunakannya

Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya - Template emis yaitu sebuah file form excel yang didalamnya sudah terdapat format isian sesuai data yang diminta. Template emis dipakai untuk mempermudah proses input data atau proses upload data ke web pendataan emis. Karena dengan template emis kita sanggup menginput data ke web emis secara bersamaan.
Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya

Pada pemutkahiran data emis semester ganjil tahun 2018/2019 terdapat beberapa template yang di keluarkan oleh sistem pendataan emis. Sehingga template emis dipakai sebagai alternatif untuk upload data. Daftar template emis tersebut yaitu 1) Template Emis Siswa Baru (PPDB), 2) Template Emis Ruang Kelas, 3) Template Emis Siswa Kelas Akhir.

Telah kita ketahui bersama pada awal dibukanya pendataan emis semester ganjil 2018/2019 telah ada template emis untuk siswa gres untuk siswa kelas umum. Sehingga template ini menjadi jalan kedua untuk upload data ke pendataan emis online.

Perlu anda ketahui bahwa ketiga template yang telah Emispendis sebutkan merupakan  salah satu cara ALTERNATIF untuk upload data. Makara anda tidak harus memakai template emis tersebut dan anda sanggup menggunakana cara manual terlebih kalau pada Madrasah anda jumlah siswanya tidak terlalu banyak. Karena berdasarkan hasil pengamatan Emispendis pada grup sosial media, pada ketika template tersebut dipakai masih sering terjadi error dan gagal ketika mengunggah data dengan template yang disediakan emis madrasah.

Bagaimana Cara Mendapatkan dan Menggunakan Template Emis ?


Cara untuk mendapatkan template emis anda cukup mendownloadnya melalui web emis. Untuk cara menggunakannya anda perlu melaksanakan beberapa tahap yang harus anda selesaikan yaitu :

  1. Mendownload template
  2. Mengisi template sesuai dalam format excel 
  3. Menyimpan template ke dalam format csv
  4. Mengunggah/mengupload template yang sudah diisi dan dalam format csv

Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya


Berikut ini pemaparan fungsi dan cara memakai ketiga template yang telah kami sebutkan diatas pada web pendataan emis online :

1. Template Emis Siswa Baru ( PPDB )
Template PPDB merupakan template yang pertama dikeluarkan web emis madrasah pada pendataan emis semester ganjil 2018/2019. Fungsi template siswa gres ini yaitu untuk mengupload data siswa gres yang berasal dari sekolah umum bukan madrasah menyerupai TK, SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA.

Sedangkan untuk siswa yang berasal dari madrasah menyerupai RA, MI, MTs cara memasukkannya ke emis dengan pencarian memakai NSM. Untuk hidangan ini terdapat pada hidangan siswa aktif.

Berikut hukum pengisian template emis siswa gres (PPDB) yang tertera pada web emis :
  • Siswa yang diupload pada PPDB yaitu Siswa Baru yang berasal dari Sekolah Umum (TK, SD, SMP, SMA).
  • Pastikan Penulisan Nama, Tempat Lahir, Tanggal dan Lahir benar, sebelum menambahkan kedalam system.
  • Saat ini system tidak mendapatkan perbaikan Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
  • Data yang diupload, merupakan data per Rombel per Jenjang Pendidikan .
  • Apabila dikemudian hari ditemukan siswa yang berasal dari madrasah di upload melalui hidangan PPDB ini, Madrasah mendapatkan lantaran jawaban (sanksi) yang ditimbulkan dikemudian hari.
  • Dilarang menambahkan kolom template.
  • Baca Petunjuk Pengisian (terdapat dalam file excel).
Hanya sekedar saran kalau jumlah siswa gres dari sekolah umum anda jumlahnya hanya sedikit gunakan saja cara manual input satu persatu. Karena tidak perlu repot mengisi template siswa baru.
Bagi anda yang membutuhkan template siswa PPDB silahkan (Baca Selengkapnya : Template Emis Siswa 2018/2019 Untuk Siswa Baru Dari Non Madrasah)


2. Template Emis Ruang Kelas
Fungsi template emis ruang kelas yaitu dipakai untuk melengkap terkait data kelas yang didalamnya mencakup ruang kelas, nama rombel, jurusan dan bahasa (khusus untuk jurusan bahasa)

Jika kondisi ruang kelas pada madrasah anda hanya sedikiti alangkah lebih baiknya lakukan input manual saja lantaran lebih gampang dan eksklusif sanggup tersimpan daripada memakai template. Menu ruang kelas ini terdapa pada "Sarpras > Rincian Data Ruangan"

3). Template Emis Siswa Kelas Akhir
Sesuai dengan namanya template siswa kelas tamat fungsinya yaitu untuk melengkapi data kelas tamat yang dipakai untuk pendataan calon penerima ujian (CAPESUN). 

Makara CAPESUN ini harus benar - benar berisi data yang valid dan benar lantaran data ini menjadi contoh Identitas Peserta Ujian Nasional.

Berikut hukum pengisian template emis siswa kelas tamat yang tertera pada web emis :
  • Template Siswa Kelas Akhir berasal dari siswa jenjang kelas akhir
  • Apabila, terdapat siswa kelas tamat yang belum masuk dalam daftar sanggup dimasukan dengan Mutasi Umum (siswa dari Sekolah Umum) atau Mutasi dari Madrasah Siswa berasal dari madrasah)
  • Dilarang menambahkan data siswa melalui template.
  • Dilarang menambahkan kolom template.

Cara Merubah File Template Emis Kedalam Fomat CSV


Dari ketiaga template diatas semuanya wajib dirubah formatnya kedalam format CSV (Comma Separated Values) sebelum menguploadnya ke web emis madrasah. Untul cara merubahanya sangat mudah, silahkah perhatiann langkah - langkah bagaimana cara gampang menyimpan template kedalam format CSV berikut ini :

  • Buka file excel "Template Emis" yang telah anda isi
  • Klik "Office Button" (Excel 2007) atau hidangan "File" (Excel 2010, 2013, 2016)
  • Klik atau pilih  "Save As"
  • Fokus pada bab "Save as type" klik panah ke bawah sehingga muncul banyak pilihan format
  • Pilih "CSV (Comma delimited) (*.csv)"
  • Klik "Save"
Setelah tersimpan menjadi file csv, template sudah siap diupload ke web emis sesuai dengan menuanya.  (Baca Selenglapnya : Cara Praktis Menyimpan File Form Emis Siswa Baru Ke Format CSV)


Perhatian bagi anda ,bahwa sesudah anda mengupload template emis jangan lupa lakukan penegcekan terhadap data yang telah anda upload semoga meminimalisasi kekeliruan data yang menjadikan hal fatal. Untuk melaksanakan pengecekan silahkan lihat link dibawah ini sesuai jenis template :

  • Template PPDB silakan cek di hidangan "Kesiswaan > Siswa Aktif" (http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/siswa)
  • Template Ruang Kelas, sila cek di hidangan Sarpras > Rincian Data Ruangan" (http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/lembagasarpras/data-ruangan)
  • Template Siswa Kelas Akhir, sila cek di hidangan "Kesiswaan > Capesun" (http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/siswa/capesun)

Baik itulah tiga template emis pada pemutakhiran data emis 2018/2019 semoga dengan adanya template emis sanggup membantu pekerjaan operator menjadi terbantu dan juga sanggup menjadi opsi untuk mengerjakan secara manual atau alternatif.

Demikianlah pembahasan tentang Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya. Semoga info ini sanggup bermanfaat bagi anda. Jangan lupa share artikel ini semoga anda juga ikut mendapatkan keuntungannya karen telah membuatkan kebaikan. Terima Kasih.

Sumber: emissimpatikazone

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Template Emis Lengkap Dengan Fungsi Dan Cara Menggunakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel