Cara Mengatur Ard Madrasah Supaya Sanggup Diakses Guru Melalui Wifi Lokal

Cara Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal - ARD Madrasah Offline atau disebut juga sebagai Aplikasi Madrasah merupakan Aplikasi yang dipakai untuk mengolah Raport. Aplikasi ARD Madrasah selesai - selesai sedang ramai dibahas pada kalangan guru dan operator Madrasah. Bahkan viralnya ARD Madrasah Offline mengalahkan pendataam EMANJA dan BIOUN serta Simulasi UNBK. Tidak sanggup dipungkiri jikalau ARD Madrasah sedang ramai diperbincangkan, alasannya yaitu dalam waktu bersahabat ini laporan hasil berguru (Raport) akan dibagikan.
Cara Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal Cara Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal

Selain Operator Madrasah yang mengerjakan ARD Madrasah ini, Guru juga disibukkan dengan ARD Madrasah. Perab operator dalam ARD Madrasah sebagai penyedia Aplikasi, menyediakan username dan password bagi guru serta mengisi data - data terkait data siswa dan Masdrasah. Sedangkan Guru ditugaskan untuk mengisi nilai sesuai mata pelajaran pada masing - masing siswa perkelas dan rombel.

Hal diatas pastinya Guru perlu sanggup mengakses Aplikasi ARD Madrasah semoga Guru sanggup login dan mengerjakan tugasnya. Terdapat beberapa cara menghubungkan  ARD Madrasah Offline ke pc/laptop guru. Namun pada kesempatan kali ini Emispendis akan membahas hanya pada jaringan WIFI. Baik koneksi wifi madrasah atau wifi hasil tethering dari Andriod.

Apakah perlu menginstall Aplikasi ARD Madrasah Offline pada masing - masing laptop Guru ?


Jawabannya TIDAK PERLU. Kaprikornus dengan memakai cara ini Operator cukup Menginstall 1 (Satu) Aplikasi ARD Madrasah saja pada PC/Laptop yang akan dijadikan inti. Sedangkan PC/Laptop Guru tidak perlu menginstall. Hanya cukup memakai browser Google Chrome/Mozilla atau browser andalan anda.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Koneksi Wifi Lokal


Tentunya suatu cara niscaya ada kelebihan dan kekurangannnya, Nah berikut ini kelebihan dan kekurangan menggukanan koneksi jaringan Wifi lokal :

Kelebihan :
  • Tidak memerlukan koneksi internet (kuota data)
  • Cepat dan Stabil
  • Setting mudah
  • Akses ke ARD mudah
  • Tidak perlu install Aplikas ARD pada setiap pc/laptop
Kekurangan :
  • Pegerjaan harus dalam satu tempat
  • Laptop harus terhubung ke satu jaringan wifi yang sama dengan Pc/laptop yang telah di install ARD Madrasah Offline
  • ARD Madrasah Offline tidak sanggup diakases dimanapun dan kapanpun.

Itulah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Koneksi Wifi Lokal.

Pada kesepatan kali ini Emispendis akan menawarkan tutorial ihwal bagaimana cara Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal simpel dan gampang dan tentunya disertai dengan gambar penjelas.

Persiapan Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal


Terdapat beberapa langkah untuk mengatur ARD Madrasah Offline semoga sanggup diakses pada pc lain. Untuk itu silahkan perhatikan langkah - langkah tutorial berikut ini.

1. Menonaktifkan Windows Firewall

Mematikan atau menonaktifkan Windows Firewall dilakukan sebelum menghubungkan Aplikasi ARD Madrasah. Hal ini dilakukan semoga tidak ada penghalang dalam proses menghubungkan dalam mengekases ARD Madrasah Offline antar Laptop Guru dan Laptop/Komputer yang terinstal ARD Madrasah. 

Mematikan firewall ini hanya perlu dilakukan pada pc/laptop yang terinstal ARD Madrasah sedangkan pc/laptop guru tidak perlu melakukannya. Untuk cara mematikan windows firewall silahkan perhatikan langkah dibawah ini :


  • Klik Start
  • Klik Control Panel
  • Ketikan di kotak pencarian " Windows Firewall"
  • Klik Windows Firewall
  • Klik "Turn Windows Firewall on or off" pada bab sebelah kiri
  • Kemudian ceklis semua pada opsi "Turn Windows Firewall on or off (not recomended)"
  • Jika sudah semuanya Klik OK
  • Selesai

Sekarang Windows Firewall pada PC/Laptop sudah Non Aktif.

2. Install Aplikasi ARD Madrasah Offline

Menginstall Aplikasi ARD Madrasah Offline ini harus dilakukakan alasannya yaitu yang akan dihubungkan ke perangkat lainnya yaitu Aplikasi ARD Madarsah, jadi pastikan sudah terisntall dan sanggup berjalan dengan lancar.

Catatan Penting !
  • Aplikas ARD Madrasah Offline hanya perlu di Install pada Komputer/Laptop Operator atau yang dipakai sebagai Komputer utama
  • Pastikan sudah melakuan patching versi 0.1 jikalau tidak sanggup login Aplikasi ARD Madrasah Offline
  • Pastikan juga melaksanakan patching versi 0.2 alasannya yaitu terdapat perbaikan sajian mapel dan tampilan cetak raport
  • Dalam mengakses ARD Madrasah, Guru hanya perlu menggunkan Mozilla Firefox atau Google Chrome


3. Jaringan Wifi

Jaringan Wifi harus tersedia alasannya yaitu jaringan wifi ini sebagai jembatan penghubung antar Komputer/Laptop Operator (Server) dengan komputer/laptop guru. Jaringan wifi boleh memakai wifi madrasah dan juga boleh memakai wifi thetering. Jaringan Wifi tidak harus terhubung online ke internet.

Kaprikornus komputer yang akan dihubungkan semoga sanggup mengakses ARD Madrasah harus terhubung dalam satu jaringan wifi dengan komputer/laptop yang terinstal ARD Madrasah. Jika tidak maka tidak akan bisa.

4. Catat IP Komputer/Laptop Server ARD Madrasah
Agar client guru sanggup mengakses ARD Madrasah Offline. Maka kiya harus mengathui IP komputer yang telah terinstall ARD Madrasah. IP ini nantinya dipakai untuk alamat jalan masuk ke ARD.

Cara mengetahui IP Komputer/Laptop yang telah terinstall ARD sebagai berikut :


  • Tekan tombol windows + R secara bersamaan
  • Muncul kotak obrolan ketikkan "CMD"
  • Setelah muncul ketikkan kata "ipconfig" kemudian tekan ENTER
  • Mucul tampilan info IP
  • Silahkan cari nama device wireles  dan catat IP nya
  • Misal IP nya 192.169.43.30 (Sesuaikan pada PC anda )


Setelah melekukan tahapan nomor 1 sampai nomor 4 maka Komputer/Laptop sudah siap digunakan.

Langkah Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal


Baiklah berikut ini cara mengatur ARD Madrasah semoga sanggup diakses client atau akun Guru :

#Pada komputer yang terinstall  ARD Madrasah ( Komputer Server )

1. Pastikan sudah terhubung pada jaringan wifi
2. Jalankan Aplikasi Raport Digital menyerupai biasanya
3. Tunggu sampai Aplikasi ARD Madrasah benar - benar terbuka
4. Setelah terbuka minimize aktivitas yang sedang berjalan

#Pada komputer/Laptop Guru ( Komputer Client )

1. Sambungkan ke jaringan wifi yang sama dengan komputer/laptop server
2. Setelah terhubung ke jaringan wifi, Buka browser menyerupai mozilla atau Chrome
3. Ketikkan alamat ARD Madrasah berupa IP yang sudah anda catat tadi sehingga menjadi seperi ini 192.168.43.30:88/madrasah . ( IP sesuai Komputer Laptop server anda )
4. Tunggu Halaman login ARD berhasil tampil
5. Silahkan pilih jenjang untuk melaukan login ARD Madrasah.

Agar guru sanggup terus mengakses Aplikasi ARD Madrasah maka Komputer/Laptop yang terinstal ARD harus hidup terus. Jika dimatikan maka guru tidak sanggup mengakses Aplikasi ARD Madrasah memakai jaringan wifi lokal.

Kaprikornus pengerjaan Aplikasi Raport Digital melaui jaringan lokal ini harus berada dalam satu lokasi. Guru duduk bersama dan mengisi ARD Madrasah bersama - sama. Silahkan gunakan metode ini untuk mengerjakan ARD Madrasah Offline.

Demikian pembahasan tentang Cara Mengatur ARD Madrasah Agar Dapat Diakses Guru Melalui Wifi Lokal. Semoga info ini sanggup bermanfaat bafi anda jangan lupa share artikel ini semoga anda juga mendapat keuntungannya dikarenakan telah membuatkan info positif. Terima Kasih.

Sumber: emissimpatikazone

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Ard Madrasah Supaya Sanggup Diakses Guru Melalui Wifi Lokal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel