Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari Nik Untuk Emis & Ard

Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari NIK Untuk Emis dan ARD Madrasah  - Data tahun lahir Ayah dan Ibu diharapkan untuk mengisi Data Emis dan Template Excel Aplikasi Raport Digital (ARD) Madrasah. Data tahun lahir ayah dan ibu diharapkan pada web emis dibagian warta orang renta dan wali. Sedangkan pada Aplikasi Raport Digital (ARD) diharapkan untuk mengisi template excel yang akan diuplod pada ARD Madrasah.
Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari NIK Untuk Emis dan ARD Madrasah Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari NIK Untuk Emis & ARD

Secara manual kita sanggup memperoleh data tahun lahir ayah dan ibu dari Kartu Keluarga yang kemudian kita inputkan satu persatu kedalam emis dan ARD Madrasah. Sehingga dengan cara ini akan membutuhkan proses agak usang jikalau jumlah siswanya tidak mengecewakan banyak.

Namun perlu anda ketahui bahwa kita sanggup mengambil tahun lahir ayah dan Ibu dari NIK. Disini kita memanfaatkan NIK yang pernah anda input sebelumnya di data EMIS. Kaprikornus data utama yang kita butuhkan yaitu data NIK dari Emis. Untuk tingkat ke-VALID -an tahun lahir bergantung pada NIK yang telah anda input pada Emis.

Dalam pengisian template excel Aplikasi Raport Digital anda sanggup melaksanakan copy paste dari form emis tetapi khusus kolom tahun lahir ayah dan tahun lahir ibu harus entri manual begitu juga dengan kolom NIP bagi guru non PNS dan NISN bagi siswa yang belum mempunyai NISN.

Nah semoga proses pengisian kolom tahun lahir ayah dan ibu lebih cepat maka Emispendis memberikan solusi untuk mengatasi duduk kasus dalam mengisi tahun lahir ayah dan ibu secara otomatis dari data NIK ayah ibu.

Untuk itu mari perhatikan pembahasan ihwal bagaimana Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari NIK satu persatu semoga terang dan paham. Cara menetukan tahun lahir ayah dan ibu berbeda dan masing - masing akan kami bahas secara detil.

Dalam cara ini kami memanfaatkan rumus excel MID yang dikombinasikan dengan rumus NIK sehingga dengan memakai cara ini akan menghasilkan tahun lahir ayah dan ibu dengan cepat dab akurat. Tetapi tetap pada NIK yang telah anda input di emis.

Baiklah pribadi saja bagaimana Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari NIK  berikut ini :

1. Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Otomatis Dari NIK 


Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa di dalam NIK terdiri atas tanggal, bulan dan tahun kelahiran. Ketiga hal tersebut sanggup kita deteksi dengan memakai cara berikut ini :

  • Tanggal lahir : Terletak pada digit ke 7 dan 8 
  • Bulan Lahir   : Terletak pada digit ke 9 dan 10
  • Tahun Kelahiran : Terletak pada digit ke 11 dan 12
  • Khusus untuk wanita tanggal lahir ditambah 40

Nah dari letak digit - digit diatas akan kita ambil memakai rumus excel secara otomatis sehingga menerima susunan tanggal kahir secara utuh. Kaprikornus disini kita memanfaatkan jadwal microsoft excel caranya juga sangat gampang tidak perlu keahlian khusus untuk melaksanakan cara ini.

Nah selain itu juga Emispendis menyediakan file Template Excel pengambil tahun lahir dari NIK alasannya yaitu kemungkinan ada yang masih kesusahan dalam menerapkan rumus excelnya. Untuk file template akan kami bagikan di final pembahasan.

Langkah - langkah Pengambilan Tahun Lahir Ayah


Ssebelumnya silahkan persiapkan file form emis siswa yang terdapat NIK

  1. Buka file fom emis siswa
  2. Silahkan copy pada bagia data kolom Nama Ayah dan NIK Ayah
  3. Buka lagi lembar kerja Ms Excel baru
  4. Pastekan data Nama dan NIK ayah pada lembar kerja excel yang telah anda buka tadi (Contoh : Nama ayah paste di kolom B2 dan NIK pada kolom C2)
  5. Klik pada sel D2 kemudian tuliskan rumusnya
  6. Tulis =MID(C2;7;2)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)
  7. Kemudian tekan ENTER
  8. Apabila rumus tidak berfungsi atau ditolak maka ganti tanda ( ; ) menjadi tanda ( , )
  9. Jika sudah behasil selanjutnya tinggal klik tanda  ( +  ) pada pojok cel rumus kemudian drag kebawah untuk copas rumusnya
  10. Jika sudah tampil tahun lahir berarti anda sukses, Dan tinggal copa-paste ke template ARD Madrasah

Bagi anda yang masih gundah dan pusing hening saja, emisimpatikzone akan menyediakan template excelnya semoga anda lebih gampang . Dalam template ini anda hanya perlu memasukkan data nama Ayah dan NIK pada kolom yang telah kami sediakan sehabis itu otomatis menjelma tahan lahir.

Silahkan unduh templatenya pada liknk unduh dibawah ini :

Download Template Pengambil Tahun Lahir Ayah Dari NIK

Itulah cara mengambil tahun lahur ayah dari NIK dengan cepat dan otomatis serta template excelnya. Selanjutnya giliran Cara mengambil tahun lahir ibu dari NIK.

2. Cara Mengambil Tahun Lahir Ibu Otomatis Dari NIK 


Cara untuk mengambil tahun lahir ibu dari NIK otomatis sebagian besar sama dengan cara mengambil tahun lahir ayah. Hanya saja terdapa sedikit perubahan dalam penentuan tanggal lahir alasannya yaitu khusus untuk wanita tanggal lahir ditambah 40.

Perubahan dalam rumus ini alasannya yaitu adanya perlakuan khusus bagi wanita yaitu tanggal lahir ditambah 40 sehingga dalam rumus dikurangi 40 ( - 40 ) semoga sanggup ketemu tanggal lahirnya. mengakibatkan susunan rumus sebagai berikut :

=(MID(C2;7;2)-40)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)

Silahkan gunakan rumus ibarat langkah - langkah pada cara mengambil tahun lahir ayah. Jika dirasa masih kesulitan silahkan unduh template excel pengambil tahun lahir ibu pada link unduh yang telah kami sediakan dibawah ini :

Download Template Pengambil Tahun Lahir Ibu Dari NIK

Silahkan diunduh dan dipakai dengan bijak, Jika mengalami kesulitan silahkan tanyakan melalui kolom komentar.

Baiklah semoga dengan cara ini anda sanggup mengisi tahun lahir ayah dan ibu secara otomatis dan cepat. Demikianlah pembahasan tentang Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari NIK Untuk Emis & ARD. Semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa share artikel ini jikalau berdasarkan anda artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Sumber: emissimpatikazone

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengambil Tahun Lahir Ayah Ibu Otomatis Dari Nik Untuk Emis & Ard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel