Buku Pegangan Evaluasi Hots (Higher Order Thinking Skill)

Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi ialah kemampuan berpikir dan bernalar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang rumit dan atau memecahkan suatu kasus atau masalah. Keterampilan ini perlu dilatihkan semenjak usia sekolah dasar biar siswa terbiasa dengan cara berpikir tingkat tinggi yang akan menjadi modal pada jenjang pendidikan berikutnya.
 atau keterampilan berpikir tingkat tinggi ialah kemampuan berpikir dan bernalar untuk me Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill)

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi ata Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan aktivitas yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan.

Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah buku pegangan guru yang menunjukkan keterampilan evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas evaluasi yang pada jadinya akan meningkatkan kualitas lulusan penerima didik.

Sebenarnya evaluasi berorientasi Emispendis bukanlah sebuah bentuk evaluasi yang gres bagi guru dalam melaksanakan penilaian. Tetapi evaluasi berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melaksanakan penilaian. Guru dalam evaluasi ini harus menekankan pada evaluasi perilaku pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan penerima didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS

Tujuan Buku Pegangan Penilaian HOTS

Pengembangan Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) tentunya memilki tujuan. Adapaun tujuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) ialah sebagi berikut :

  1. Memberikan contoh kepada guru dalam berbagi evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  2. Memberikan contoh kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik terhadap guru dalam melaksanakan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi;
  3. Memberikan contoh pada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial terhadap pelaksanaan evaluasi berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di satuan pendidikan.

Obyek Sasaran Buku Pegangan Penilaian HOTS


Sasaran obyek untuk HOTS terdiri dari beberapa sasaran. Berikut ini ialah sasaran - sasaran Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) : 

  1. Guru Jenjang SD (SD), SMP (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mata pelajaran adaptif dan normatif.
  2. Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Produktif, Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan11/5/2018 UNDUH BUKU PENILAIAN BERORIENTASI HOTS Pendidikan Masyarakat (Dikmas) serta Pendidikan Luar Biasa (PLB).
  3. Kepala Sekolah /Madrasah.
  4. Pengawas Sekolah /Madrasah

Makara adanya Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) sangat penting bagi guru dan sasaran Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill). Nah biar lebih jelasnya silahkan unduh Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada link unduh yang telah kami sediakan dibawah ini :

Download Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill)

Dengan adanya Buku Pegangan Penilaian Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ini diharapkan sanggup menjembatani pemahaman para guru dalam hal evaluasi pembelajaran lebih baik lagi sehingga mereka sanggup meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Semoga infomasi tentang Buku Pegangan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skill) beramanfaat bagi anda. Terima Kasih,

Sumber: emissimpatikazone

Belum ada Komentar untuk "Buku Pegangan Evaluasi Hots (Higher Order Thinking Skill)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel