Apa Itu Komputer Server Unbk ?

Apa Itu Komputer Server UNBK ? -  Ujian Nasional yang dulunya memakai kertas dan pensil dalam mengerjakannya sekarang sudah tergantikan dengan teknologi digital. Semua soal dan balasan tersedia dalam layar monitor sehingga penerima ujian hanya klik n klik saja.
Ujian Nasional yang dulunya memakai kertas dan pensil dalam mengerjakannya sekarang sudah  Apa Itu Komputer Server UNBK ?

Ujian atau tes yang memakai memanfaatkan teknologi sebagai media ujian atau tes sering kita kenali dengan istilah CBT ( Computer Based Test ). Dan teknologi tersebut dimanfaatkan pula pada sistem Ujian Nasional yang kemudian dinamakan menjadi UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer ). Hal ini disebabkan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat sehingga menyebabkan kurun ini menjadi kurun digital.

Berikut ini daftar isi perihal apa itu komputer server UNBK.


UNBK sendiri di Indonesia kalau tidak salah telah diberlakukan pemerintah semenjak sekitar 2 - 3 tahun kemudian yang pesertanya masih sedikit dan didominasi oleh SMK. Karena pada awal pelaksanaan UNBK membutuhkan biaya yang tidak sedikit mengingat harus tersedianya sarana komputer server dan client.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas perihal apa itu komputer server dalam UNBK. Selain itu juga akan kami ungkap seluk beluk perihal komputer server UNBK.


A. Pengertian Tes Terkomputerisasi


Tes Terkomputerisasi atau Computerized Based Test (CBT) yaitu tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap penerima tes dimungkinka mendapat paket soal yang berbeda.


B. Apa Itu Komputer Server UNBK ?


Komputer server UNBK yaitu seperangkat komputer tertentu yang dipakai sebagai sentra pengendali data pelaksanaan UNBK. Komputer server ini dirancang khusus untuk menyediakan layanan yang bisa diakses oleh penerima ujian. Sehingga komputer server ini harus mempunyai spesifikasi yang tinggi semoga dalam menyediakan data ujian nasional berjalan lancar.

Makara Komputer server yang dipakai sebagai UNBK harus memenuhi syarat minimal yang telah ditentukan oleh puspendik. 


C. Standar Minimal Komputer Server UNBK


Spesifikasi hardware minimal server lokal yang harus disediakan untuk UNBK yaitu sebagai berikut:

- PC/Tower/Desktop (bukan laptop).
- Processor dengan 4 core dan frekuensi clock 1.6 GHz 64 Bit.
- RAM 8 GB (Dengan VM RAM 4 GB).
- Harddisk 250 GB.
- Browser: Chrome, diharapkan untuk Exambrowser Admin.
- Operating System (64 bit): Windows Server/Windows 8/Windows
 7/Linux Ubuntu 14.04.
- LAN CARD dua unit (satu ke jaringan internet dan satu ke Jaringan lokal).
- UPS (tahan 15 menit).
- Spesifikasi diatas untuk rasio 1 : 40 (1 server maksimal untuk 4o
   client). Memperbesar jumlah rasio maka harus menambah jumlah core dan RAM.
Ujian Nasional yang dulunya memakai kertas dan pensil dalam mengerjakannya sekarang sudah  Apa Itu Komputer Server UNBK ?

Jika anda mempunyai sistem seseperti diatas itu artinya komputer anda bisa dipakai sebagai Server UNBK Ingat yang dipakai hanya komputer dan dihentikan menggukan laptop.


D. Berapa Alokasi Setiap Satu Komputer UNBK ?


Dengan spesifikasi standar menyerupai diatas server bisa menampung maksimal 40 peserta/client tidak boleh lebih bahkan dianjurkan dari 40 tersebut hanya diisi 35 sedangkan sisanya 5 dipakai untuk cadangan.

Sehingga setiap sekolah/madrasah bisa jadi membutuhkan lebih dari satu komputer server belum juga komputer server cadangan. Aapalgi bila sekolah/madrasah mempunyai jumlah siswa banyak maka sanggup dipastikan harus mempunyai 4 atau lebih komputer server UNBK.


E. Berapa Harga Komputer Server UNBK dengan Spesifikasi Standar Minimal ?


Jika kita membicarakan mengenai harga satu unit Komputer server dengan spesifikasi minimal maka dalam pikiran kita niscaya harganya mahal. Ya benar sekali harga satu unit komputer server dengan spesifikasi standar UNBK harganya kisaran Rp. 7.000.000 hingaa Rp. 10.000.00. 

Ada juga komputer yang dirancang khusus sebagai server, komputer ini memilki spesifikasi yang gahar umumnya komputer server ini memakai prosesor bukan lagi core i5 atau core i7 melainkan prosesor Xeon yaitu prosesor yang memang khusus dirancang untuk kebutuhan server. 

Pada tahun kemarin kami membeli satu unit komputer server Xeon generasi gres merek Asus harganya sekitar Rp. 12.000.000. tergolong mahal namun laba yang didapat dari komputer khusus server ini yaitu bisa menampung client lebih dari 80 client/peserta bisa jadi bisa menampung 100 client/peserta. Makara dua kali lipat bahkan bisa lebih dari sepesifikasi standar minimal.

Sekarang tinggal kemampuan sekolah anda untuk membeli komputer dengan spesifikasi standar atau komputer yang khusus untuk server. Mengingat pada tahun  2018/2019 ini nampaknya tidak ada ujian kertas pensil.


F. Apakah Komputer Server Cadangan Wajib Ada ?


Sangat wajib kami tegaskan lagi sangat wajib lantaran sesuatu yang tidak terduga sanggup kita alami. Pengalaman pada tahun kemarin pada salah satu sekolah tetangga kami mengalami hal jelek yaitu komputer server utama datang - datang mati dan saat dihidupkan lagi Aplikasi CBT gagal dijalankan. Sehingga keaadan ini bisa teratasi lantaran sebelumnya sudah menyiapkan komputer server cadangan.

Meskipun keberadaan komputer server cadangan unbk ini sangat jarang dipakai namun juga sangat penting lantaran untuk waspada dengan hal yang tidak kita inginkan.

Saran dari kami gunakan server cadangan yang spesifikasinya dibawah komputer server unbk utama. atau akan lebih baik lagi bila komputer server cadangan spesifikasinya sama dengan server unbk utama.

Ada Pertanyaan Seputar Komputer Server UNBK ?


Bagi yang ingin bertanya lebih dalam lagi mengenai Komputer Server UNBK silahkan bertanya melalui kolom komentar atau bisa juga melalui halaman contact. Silahkan olok-olokan pertanyaan apapun perihal UNBK bila kami tidak sibuka kami akan menjawaba pertanyaan anda.

Baiklh demikian pembahasan perihal ":Apa Itu Komputer Server UNBK ?". semoga isu ini sanggup menginspirasi anda sehingga menghasilkan manfaat baik kepada sekolah anda. Jangan lupa share artikel ini semoga anda juga mendapat manfaat dari menyebarkan kebaikan. Sekian dari kami, Terima Kasih.

Sumber: emissimpatikazone

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Komputer Server Unbk ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel